Thursday, July 12, 2018

Mempertimbangkan Konsumsi Asam Mefenamat Saat Menyusui


Sebagaimana ketika hamil, ibu menyusui juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Pengaplikasian beberapa jenis obat perlu konsultasi dokter khususnya dulu, termasuk konsumsi asam mefenamat untuk ibu menyusui.

Perlunya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi asam mefenamat dikarenakan ada bermacam risiko yang perlu dipertimbangkan, termasuk efek samping yang mungkin bisa terjadi pada ibu menyusui.
 

Asam mefenamat adalah salah satu jenis obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs) yang berfungsi meredakan rasa sakit serta mengurangi peradangan. Obat ini antara lain dipakai untuk mengobati nyeri radang sendi, nyeri setelah operasi, ataupun nyeri perdarahan menstruasi yang berat.

Asam mefenamat berfungsi menghalangi enzim cyclo-oxygenase (COX) yang memproduksi prostaglandin, adalah senyawa yang dilepaskan oleh tubuh dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Dengan menghalangi enzim COX, maka prostaglandin yang diproduksi akan lebih sedikit dan rasa sakit berkurang.

Walaupun semacam itu, mengonsumsi asam mefenamat mungkin menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Di antaranya berupa respons alergi, dan gangguan lambung.

Gejala-gejala tersebut, tentunya bisa terasa mengganggu bagi siapa saja, termasuk ibu menyusui. Tetapi yang perlu menjadi perhatian khusus dalam mengonsumsi obat-obatan ketika menyusui, adalah seberapa besar kandungan obat yang masuk ke dalam ASI dan bagaimana dampaknya terhadap Si Kecil. Tetapi ini bertumpu pada beberapa unsur, seperti jenis obat, dosis, dan metode mengonsumsinya.

Banyak yang menyarankan supaya tidak mengonsumsi asam mefenamat untuk ibu menyusui, sebab ditakutkan adanya sejumlah asam mefenamat yang masuk ke dalam air susu ibu (ASI) hingga menyebabkan efek samping pada bayi.

Tetapi, pendapat lain membeberkan bahwa asam mefenamat untuk ibu menyusui masih tergolong aman untuk dikonsumsi, apabila hanya dikonsumsi ketika dibutuhkan. Memastikan beberapa penelitian menemukan bahwa obat ini mempunyai risiko yang kecil terhadap bayi.

Sekiranya hal tersebut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi asam mefenamat untuk ibu menyusui. Kemungkinan dokter akan menanyakan riwayat penyakit yang dialami dan memberikan obat pereda nyeri lain yang layak dengan kondisi ibu menyusui.  memang kondisi penyakit mewajibkan konsumsi asam mefenamat untuk ibu menyusui, lakukan layak tanda dan dosis dari dokter.

No comments:

Post a Comment

Tips Kredit Mobil Melalui Leasing

Sebagai salah satu wujud transportasi yang penting di masa sekarang, kendaraan beroda empat memang senantiasa menjadi asa bagi banyak or...